Assalamu'alaikum ...............
Semoga Allah membimbing kita terus dalam menjalani kehidupan ini
Anak bapak sekalian nih KISI-KISInya baru aja rampung terus langsung aja bapak muat, jangan lupa untuk dipelajari buat persiapan UTS Agama nanti ya.................!
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | No Soal | Indikator | BS | |
Al-qur'an dan Hadits 1. Memahami ayat-ayat Al-Quran tentang menjaga kelestarian lingkungan hidup | 1.1 Membaca QS. Ar-Rum: 41-42, al-A'rof: 56-58, as-Shod: 27 dengan tartil. | 1 | Disajikan ayat Al-qur'an dari surat QS. Ar-Rum, peserta didik mampu melanjutkan bacaannya | PG | |
2 | Ditampilkan QS. Ar-Rum, peserta didik mampu membaca dengan dengan urutan yang benar | PG | |||
3 | Disajikan potongan ayat QS. Ar-Rum, Peserta didik mampu menentukan hukum bacaan Ro tarqiq | PG | |||
4 | Ditampilkan ayat Al-qur'an Surat Ar-Rum, peserta didik mampu menjelaskan hukum baacaan mad | PG | |||
1.2 Menyebutkan dan menjelaskan arti QS. Ar-Rum: 41-42, al-A'rof: 56-58, as-Shod: 27 | 5 | Disajikan tabel tentang arti mufrodat QS. Al-A'rof, Peserta didik mampu mencari pasangan arti yang sesuai pada tabel tersebut | PG | ||
6 | Ditampilkan QS. Al-A'rof, peserta didik mampu mengartikan salah satu ayat dengan benar | PG | |||
1.3 Membiasakan prilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam QS. Ar-Rum: 41-42, al-A'rof: 56-58, as-Shod: 27 | 7 | Disajikan ayat dari QS. Shod, peserta didik mampu menjelaskan makna yang terkandung dalam ayat tersebut | PG | ||
8 | Disajikan ayat dari QS. Shod, peserta didik mampu menjelaskan makna kata yang terkandung dalam ayat tersebut | PG | |||
1 | Ditampilkan ayat dari QS. Shod, peserta didik mampu menjelaskan kandungannya | Essay | |||
2. Meningkatkan iman kepada kitab-kitab Allah | 2.1 Menampilkan prilaku yang mencerminkan keimanan terhadap kitab-kitab Allah | 9 | Disajikan potongan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah, peserta didik dapat melanjutkannya | PG | |
10 | Disajikan contoh prilaku iman kepada kitab-kitab Allah, peserta didik dapat membedakan prilaku beriman kepada kitab-kitab Allah | ||||
2.2 Menerapkan hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah | 11 | Disajikan beberapa hikmah dari iman kepada kitab Allah, siswa dapat membedakannya | PG | ||
2 | Disajikan cerita tentang prilaku hikmah beriman kepada Allah, siswa diminta menyebutkan penerapan hikmah beriman kepada Allah | Essay | |||
12 | Disajikan kitab-kitab Allah, dan peserta didik dapat mengetahui kepada siapa kitab diberian | PG | |||
13 | Disajikan pernyataan tentang lembaran-lembaran yang belum dibukukan (suhuF), siswa dapat membedakannya dengan kitab | PG | |||
14 | Disajikan wacana tentang pengertian kitab, siswa dapat menunjukan arti kitab | PG | |||
Akhlaq 3. Membiasakan perilaku terpuji | 3.1 Menjelaskan pengertian dan maksud menghargai orang lain | 15 | Disajikan sikap menghargai orang lain, siswa dapat mengklasifikasikan baik atau tidak | PG | |
16 | Disajikan nama lain dari akhlaq terpuji, siswa dapat menunjukan nama lainnya | PG | |||
3.2 Menampilkan contoh prilaku menghargai orang lain | 17 | Ditampilkan perwujudan menghargai orang lain, siswa dapat menyebutkan sikap dan ucap yang harus dilakukan | PG | ||
18 | Disjikan beberapa akhlaq mulia dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat membedakannya | PG | |||
19 | Disajikan hasil cipta yang dihasilkan manusia, siswa dapat menyebutkannya | PG | |||
3.3 Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari | 20 | Ditampilkan keluarga paling dekat dalam masyarakat, siswa dapat menunjukannya | PG | ||
3 | Disajikan QS. Al-Baqoroh :263, siswa dapat menjelaskan maksud dari ayat tersebut | Essay | |||
4 | Disajikan QS. Al-Hujrot: 13, siswa dapat menyebutkan siapakah orang yang paling mulia di sisi Allah | Essay | |||
Akhlaq 4. Menghindari perilaku tercela | 4.1 Menjelaskan pengertian dosa besar | 21 | Disajikan sumber dosa dalam diri manusia, siswa dapat menyebutkannya | PG | |
22 | Disajikan orang yang menyembunyikan persaksian termasuk dosa besar, siswa dapat menjelaskan menyembunyikan persaksian | PG | |||
4.2 Menyebutkan contoh perbuatan dosa besar | 23 | Disajikan yang bukan dosa besar yang dilakukan oleh hati, siswa dapat membedakannya | PG | ||
24 | Disajikan yang bukan dosa besar yang dilakukan dengan perbuatan, siswa dapat membedakannya | PG | |||
4.3 Menghindari perbuatan dosa besar | 5 | Siswa menjelaskan alasan diharamkannya meminum minuman keras sebagai dosa besar | Essay | ||
25 | Disajikan orang yang mempersekutukan Allah, siswa menujukan tempat yang tidak layak bainya | PG |