Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger


Saturday, February 5, 2011

Proposal Rohis Untuk AKSI 6


Nomor             : 01/PANPEL/Rohis SMPN 4/2011
Lampiran          : -
Hal                   : PERMOHONAN IZIN DAN DANA


Kepada Yang Terhormat
Kepala Sekolah SMPN 4 Cibitung
di-
            Tempat

Assalamu`alaikum Warormatullohi Wabarokatuh.

Sehubungan telah sampainya Proposal Panitia Lomba Apresiasi dan Kreasi Seni Islami (AKSI) VI Tingkat Kabupaten Bekasi Tahun Pelajaran 2010/2011, yang akan dilaksanakan pada 16 Februari 2011.
Maka kami dari Rohis Mengajukan Proposal untuk memohon izin dan dananya guna kelancaran dalam rangka partisipasi siswa/siswa SMPN 4 dalam acara tersebut.
Mengingat pentingnya acara tersebut, maka Rohis mengharapkan agar acara tersebut didukung oleh semua pihak yang ada di sekolah demi mencapai target yakni Mendapatkan Juara Umum.
Atas perhatian dan ta`awunnya kami ucapkan terimakasih.

Wassalamu`alaikum Warormatullohi Wabarokatuh.


Bekasi, 05 Februari 2011
PANITIA ROHIS SMPN 4 CIBITUNG
DALAM AKSI VI MGMP PAI KABUPATEN BEKASI


Pembina Rohis Putra                                                                             Pembina Rohis Putri



Samit, S.Pd.I                                                                                        Alfiyah, S.Pd.I
Nip.                                                                                                     Nip.

                                                Mengetahui,
                                   
Pembina Kesiswaan                                                                              Kepala Sekolah
SMPN 4 Cibitung                                                                                 SMPN 4 Cibitung


Deden Suryadi, S.Ag                                                                         Drs. Abang Suharno
Nip.                                                                                                     Nip.


Muqaddimah

Segala puji untuk Allah, Rabb yang telah menciptakan kematian dan kehidupan untuk menguji manusia siapakah yang terbaik amalnya di antara mereka. Salawat dan salam semoga terlimpah kepada Rasul yang diutus sebagai rahmat bagi segenap insan dan da’i yang mengajak manusia untuk mentauhidkan-Nya jalla wa ‘ala. Amma ba’du.

Rasulullah Saw bersabda, “Bersegeralah kamu beramal saleh, karena akan datang (terjadi) fitnah-fitnah seperti serpihan malam gulita, di mana seseorang pada pagi hari beriman, namun sore harinya kafir, sore hari beriman pada pagi harinya kafir. Ia rela menjual agamanya dengan harta benda dunianya.”
Adalah menjadi perhatian penting bagi kita untuk merenungkan dan menangkap pesan Rasulullah Saw. yang termaktub dalam hadits di atas, tentang fitnah besar yang akan terjadi dan bakal menggoncang kehidupan manusia. Karena begitu dahsyatnya goncangan fitnah itu, sampai menyentuh “teritorial” keimanan. Bahkan divisualisasikan seorang mukmin akan dapat berubah ideologi agamanya dalam sehari, pagi beriman sore hari kafir, sore hari beriman pagi hari menjadi kafir. Agaknya goncangan-goncangan itu mulai tampak tanda-tandanya dalam kehidupan kita dewasa ini, walaupun belum begitu menyentuh substansi yang dimaksud, atau bahkan mungkin sudah.
Betapa telah kita baca di media masa tentang kondisi pada sementara masyarakat Indonesia saat ini yang tiba-tiba berubah menjadi brutal dan ganas, dikarenakan hanya isu yang tak jelas sumbernya. Atau kita baca berita menyedihkan tentang saudara-saudara kita di Sidoarjo yang hampir genap setahun terkena bencana lumpur Lapindo, yang sampai saat ini belum mendapatkan ganti rugi atas hilangnya tempat tinggal dan juga mata pencaharian mereka. Ironis sekali kehidupan mereka hingga datang ke Jakarta menemui Presiden SBY dengan harapan dapat membantu mereka untuk mendapatkan hak-hak yang semestinya mereka terima.
Memperhatikan pesan Rasulullah Saw. melalui hadits di atas, langkah yang patut dilakukan pada saat kondisi seperti itu adalah berlomba-lomba dalam beramal saleh dan kebaikan. Dengan cara mengingatkan masyarakat akan pentingnya mencegah terjadinya kerusakan-kerusakan dalam kehidupan, yaitu dengan tidak melakukan tindakan-tindakan anarkis yang dapat menghilangkan nyawa. Langkah ini penting untuk kita tindaklanjuti sebagai upaya antisipasi agar kondisi yang semakin carut-marut itu tidak menjadi lebih parah, apalagi sampai menjadi fitnah agama yang sangat membahayakan.
Bertindak secara bijaksana dan memperbanyak amal saleh sebagai salah satu antisipasi yang dapat dilakukan dengan kemampuan dan kedudukan masing-masing. Yang terpenting adalah, adanya wujud kesadaran dan kepedulian yang setara antar sesama muslim sehingga tidak terjadi ketimpangan dan keganjalan.

Agar terciptanya kondisi yang kondusif, maka yang terpenting saat ini adalah mensosialisasikan pesan moral yang termaktub dalam surat Al-‘Ashr. Allah Swt. berfirman, “Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman da mengerjakan amal saleh dan nasehat-menasehati agar mentaati kebenaran dan nasehat-menasehati agar selalu bersabar.“
Berdasarkan ayat di atas, ada tiga hal penting dan tak pelak lagi harus dilakukan oleh manusia, yaitu berpegang teguh pada keimanan, memperbanyak amal saleh, nasehat-

menasehati agar tetap selalu dalam kebenaran dan kesabaran. Sebagai orang muslim, kita sangat dituntut untuk mampu melaksanakan pesan yang termaktub dalam Kalam Allah di atas, bahkan kita harus menjadi pelopor untuk mengajak manusia kembali kepada ajaran agama, agar kita tidak termasuk orang-orang yang merugi. Sungguh tepat apa yang ditulis ‘Aid bin Abdullah al-Qorny dalam bukunya “Hatta Takuna As’ad an-Nas”,bahwa kebahagian itu adalah ketika kita mampu melerai perpecahan, menghilangkan sikap saling memusuhi, aktif beramal saleh, dan menjauhkan diri dari keinginan syahwat yang menggebu-gebu.
Sebagaimana dikatakan di atas, bahwa berbuat kebaikan dan melakukan amal saleh dapat dilakukan dengan berbagai media dan kesempatan menurut kemampuan masing-masing. Jika kita hanya mampu menyumbangkan pikiran, maka kemampuan ini harus dapat dioptimalkan untuk kebaikan dan amal saleh, dengan cara memberikan solusi terbaik atas setiap permasalahan yang dapat merusak keharmonisan antar kita. Jika kita mampu denga harta, maka marilah kita “belanjakan” untuk segala hal-hal yang menyangkut kebaikan, minimal mampu membantu saudara-saudara kita yang lemah dan mudah ‘goyah’ imannya. Yang penting, kita dapat berbuat baik dan bermanfaat bagi agama kita, dan amal baik itu akan dapat kita petik hasilnya kelak di akhirat.
Dengan berlomba-lomba melakukan amal saleh berarti kita telah ikut mencegah fitnah besar yang merongrongi umat Islam, bahkan mengancam akidah mereka. Dan ini merupakan gaung yang memiliki andil yang sangat besar dalam kehidupan dan kebahagian umat Islam.


Zaman sekarang yang penuh dengan fitnah dunia, yang sangat deras menyambar kaum pemuda muslim, di saat pemuda – pemuda lainnya menghafal bait – bait lagu dan musik yang tidak bermanfaat, maka alangkah baiknya pemuda – pemuda muslim menghafal Al-Quran kita yang mulia yang selalu jadi rujukan ilmu. Seperti pada sabda Rasulullah shollallahu ‘alahi wa sallam “Sesungguhnya para Nabi tidaklah mewariskan dinar dan dirham akan tetapi mewariskan ilmu, barangsiapa yang mengambil bagian tersebut maka sesungguhnya dia mengambil bagian yang sempurna” hadits riwayat Bukhori. Dan diharapkan para peserta setelah lomba ini dapat mempelajarinya lebih lanjut sehingga dapat diamalkan dan disampaikan pada orang lain, jadi tidak hanya unggul dalam kuantitas tetapi juga unggul dalam kualitas. Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Allah membaguskan wajah seseorang yang mendengarkan satu hadits dari kami, kemudian ia sampaikan pada orang lain…” hadits ini terdapat dalam kitab As-Shahih



Berpijak dari kenyataan itulah maka Rohis SMPN 4 bermaksud untuk mengikuti sebuah rangkaian kegiatan berupa Lomba AKSI VI MGMP PAI KAB BEKASI, semoga dengan kegiatan ini para pemuda muslim (siswa/siswi) lebih semangat dalam menghafal Al-quran dilanjutkan dengan mempelajarinya dan mengamalkannya yan pada akhirnya dapat disampaikan atau didakwahkan pada orang lain sehingga menimbulkan manfaat yang besar.

Nama Kegiatan :

AKSI VI Tingkat SMP Kabupaten Bekasi dengan Tema Dengan Apreasi dan Kreasi Seni Islami Kita Wujudkan Generasi Muda Madani Berprestasi Yang Menjunjung Tinggi Akhlak Qur`ani.

Sasaran Kegiatan ini diadakan dengan sasaran:

1. Seluruh siswa/I SMPN 4 Cibitung

2. Seluruh pihak yang ada pada SMPN 4 Cibitung


Pelaksanaan Kegiatan ini insya Allah akan diadakan pada:

Tanggal : 16 Februari 2011
Waktu    : 07.00 wib hingga selesai
Tempat  : SMPN 3 Cikarang Utara 3

Jenis Lomba Yang diikuti


MTQ. MHQ, KALIGRAFI, PIDATO, CERDAS CERMAT, DLL.


Anggaran Dana

1. Transportasi  : Rp.500.000,-
2. Akomodasi   : Rp. 500.000,-
3. Dll                 : Rp. 500.000,-

Total                             Rp.1.500.000,-

Penutup

Demikianlah proposal ini kami sampaikan, kiranya ini akah lebih menambahkan ilmu dan amal kita dalam kebaikan. Perhatian dan dukungan seluruhnya akan membawa kepada kebaikan bersama, dan kami ucapkan terimakasih atas semuanya.
Bekasi, 05 Februari 2011


Pembina Rohis Putra                                                                             Pembina Rohis Putri



Samit, S.Pd.I                                                                                        Alfiyah, S.Pd.I
Nip.                                                                                                     Nip.
                                                Mengetahui,
                                   
Pembina Kesiswaan                                                                              Kepala Sekolah
SMPN 4 Cibitung                                                                                 SMPN 4 Cibitung


Deden Suryadi, S.Ag                                                                         Drs. Abang Suharno
Nip.                                                                                                     Nip.

0 comments:

Post a Comment